Home » Perokok Lebih Rentan Terjangkit COVID-19

Perokok Lebih Rentan Terjangkit COVID-19

  • by

 

Perokok pada umumnya mengetahui bahwa kandungan dari rokok itu terdiri dari nikotin dan tar yang bisa mengganggu organ tubuh, terutama pada paru-paru.

Namun babru-baru ini viral dimedia sosial bahwa merokok dapat mencegah virus COVID-19 ini, semua itu diungkapkan oleh para perokok tanpa dasar.

Dr feni fitriani, ketua pokja penanganan masalah rokok pada perhimpunan dokter paru indonesia membantah hal tersebut.

Bahkan sebaliknya dia mengatakan bahwa perokok lebih rentan terkena virus COVID-19 karena rentan terjadi pada saluran pernafasan.

Kepala Lembaga biologi dan pendidikan tinggi Eijkman juga menyampaikan hal yang sama, bahwa ada 3 molekul di permukaan yang dikenali virus corona yaitu CD209, ACE2 dan CLEC4M.

Sel paru paru menjadi lebih rentan terhadap infeksi SARS-COV-2 melalui peningkatan ekpresi ACE2 di sel AT2 dan memfasilitasi masuknya virus dengan cara meningkatkan ekspresi DC-SIGN DCs.

Melalui keduanya virus corona lebih menyukai para perokok. Para peruokok ACE2 dan CD209 sangat signifikan menonjol, maka virus lebih cepat menempel. Alasan mengapa perokok lebih rentan karena karena reseptornya lebih banyak ujar Prof. Dr. Amin soebriandrio di jakarta, Jum’at 13 maret 2020.

Para lelaki di china lebih banyak terjangkir dibandingkan perempuan hal ini disebabkan karena lelaki di cina lebih banyak perokok berat sebut sekelompok peneliti dari China dari berbagai latar belakang institusi.

Menurut national cancer institute (NCI), didalam rokok mengandung lebih dari 7000 bahan kimia berbahaya lainnya. Tar pada rokok tidak hanya menyebabkan rentan terjangkit COVID-19 namun juga yang paling bertanggung jawab terhadap kanker paru.

 

Berita ini telah tayang pada antitar.id dengan judul “paru-paru perokok

‘surga bagi Virus Corona COVID-19

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *